Rabu, 04 Februari 2009

KNALPOT SCORPIO NEMBAK

Kenapa Scorpio suka nembak dari knalpot?

Knalpot nembak karena pencampuran bensin dan udara (pengabutan) didalam karburator kurang sempurna, hal ini biasanya sering terjadi pada motor ber-cc besar, .
Solusinya:
Buka busi, cek warna di elektroda busi, warna yg bagus adalah warna merah bata yg berarti campuran sudah pas. Jika berwarna hitam berarti bensin terlalu kaya, kecilkan setelan angin 0.5 - 1 putaran. Jika berwarna putih berarti kurang bensin, putar setelan lebih besar 0.5 - 1 putaran. Stel putaran angin standard keluaran pabrik +/- 3.5 kali putaran (jika masih menggunakan PJ dan MJ standard).
Solusi lainnya adalah mengganti Pilot Jet Standar 17.5 dengan ukuran 20 hal ini dilakukan agar pasokan bensin bisa seimbang sehingga dapat mengurangi suara nembak dari knalpot.

3 komentar:

  1. Saya Donny di Balikpapan,
    tengkyu banyak bro pencerahannya, Scorpio saya thn 2008 masih standart. pengen sich modif tapi masih melihat, menimbang bagian mana yang perlu dibenahi. rencana baru seputar Kaki kaki.
    pertanyaan : jika pake tapak lebar misalnya depan 100 dan blakang 130. menurut anda bagaimana? tentang kestabilan berkendaran disaat kecepatan tinggi? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Saya Agung di Jakarta.
    makasih banget soal setelan anginnya. soalnya dari beberapa bengkel dapat informasi berbeda2, ada yang bilang 2,5 putaran. ada yang bilang 3 putaran. pantes aja semua setelan itu, knalpot masih nembak, pernah bunyinya kayak petasan.

    pertanyaan: apakah memang standarnya klo scorpio ga bisa sampe RPM 11.000.
    sekali pernah abis service, RPM bisa 10.500 (gas dibetot abis). tapi sekarang cuma bisa 10.000. apalagi gigi 1, trus gas di betot abis, paling cuma bisa 9.500, trus mbrebet.
    maklum, suka banget pake RPM tinggi.

    Mohon konfirmasinya ya.

    BalasHapus
  3. bro,, busi berpengaruh ga sama suara knalpot motor yg nembak???
    coz stelah udh w bikin standart, bahkan pe w bikin 4 putrn masih aja nembak2, bahkan kalo lagi ngebut, meledak udh kaya BOM,, nah
    terus kalo busi berpengaruh,,
    busi yg bagus buat pio apa ya??
    thx

    BalasHapus