Selasa, 03 Februari 2009

SOLUSI SHOCK SCORPIO Z YANG AMBLAS DAN BUNYI

Saya Scorpio Z rider sejak Juli 2005, secara keseluruhan motor ini tidak ada masalah hanya yang saya rasakan adalah monocross nya amblas, solusi yang saya dapatkan adalah dengan mengganti arm relay dan connecting rod yang variasi akan tetapi kondisi motor jadi lebih tinggi bila masih menggunakan ban dan velg ring 18, untuk itu akhirnya saya putuskan menggantinya dengan ring 17. Pada awalnya shock masih terasa keras (karena masih menggunakan arm relay Versi 3 buatan anak milys) akan tetapi kemudian saya mencoba dengan membeli arm relay (model lain) di bengkel variasi dan akhirnya yang saya rasakan motor jadi lebih empuk dan tidak terlalu amblas.

Bagaimana dengan shocknya yang suka bunyi seperti suara tikus? permasalahannya hanya ada kotoran antara arm relay dan connecting rod tersebut, kita hanya tinggal membersihkannya dan menambahkan gemuk saja. Perawatan yang harus dilakukan, adalah apabila di musim penghujan paling telat 3 hari sekali dan apabila dimusim kemarau bisa dilakukan 2 - 3 minggu sekali.

Mungkin ada beberapa rekan2 yang bingung harus memilih yang mana antara Scorpio Z atau competitor yang lainnya, menurut saya pilih lah scorpio Z karena dia mempunyai beberapa kelebihan dari yang lain walaupun motor ini cukup boros BBM akan tetapi juga diimbangi dengan
akselerasi dan kecepatan yang mumpuni, seperti masalah di atas itu adalah salah satu kelemahan akan tetapi masih bisa diatasi.

Dari permasalahan di atas mungkin saya bisa memberikan masukan buat pabrikan Yamaha juga agar masalah ini bisa lebih diperhatikan, karena terus terang saya sangat berharap Yamaha bisa lebih maju baik dalam hal teknologi dan pelayanan kepada konsumen. Yaitu untuk masalah monocross, apakah tidak bisa lebih dipikirkan bagaimana agar caranya agar shock tidak amblas bila masih menggunakan ? atau menurut saya lebih baik tidak usah menggunakan monocross atau connecting melainkan langsung terhubung ke swing arm, karena menurut saya lebih hemat karena tidak memerlukan perawatan khusus.

Demikian masukan dari saya semoga bermanfaat.

Cutezzy Scoopie



6 komentar:

  1. emang klo pake conection ribet bersihinnya. tapi klo ga pake connection or langsung ke lengan ayun, goyangan terlalu kasar/keras meskipun shocknya empuk. bandingin aja sama motor yang monoshock (ga ada connection), scorpio lebih meredam goncangan.

    BalasHapus
  2. yah...klo q ya mz,,, mending diubah aja sudut kemiringan shok nya... dari asli, jadi lebih maju sedikit aj... ta yg diubah jgn yang asli, tapi beli yang variasi aj, trus di rombak kyk yg diatas td....

    BalasHapus
  3. mz... kalo modifikasi scorpio yang bagus, dimana ya?

    BalasHapus
  4. kalo di daerah surabaya, toko mana maz bwt beli conrod nya?

    BalasHapus
  5. om tolong dikirm dong macam" connection pio??
    thank's

    BalasHapus
  6. apa lebih bagus shock scorpio yg harus diganti dengan shock yg lebih tinggi????

    BalasHapus