Rabu, 04 Februari 2009

KNALPOT SCORPIO NEMBAK

Kenapa Scorpio suka nembak dari knalpot?

Knalpot nembak karena pencampuran bensin dan udara (pengabutan) didalam karburator kurang sempurna, hal ini biasanya sering terjadi pada motor ber-cc besar, .
Solusinya:
Buka busi, cek warna di elektroda busi, warna yg bagus adalah warna merah bata yg berarti campuran sudah pas. Jika berwarna hitam berarti bensin terlalu kaya, kecilkan setelan angin 0.5 - 1 putaran. Jika berwarna putih berarti kurang bensin, putar setelan lebih besar 0.5 - 1 putaran. Stel putaran angin standard keluaran pabrik +/- 3.5 kali putaran (jika masih menggunakan PJ dan MJ standard).
Solusi lainnya adalah mengganti Pilot Jet Standar 17.5 dengan ukuran 20 hal ini dilakukan agar pasokan bensin bisa seimbang sehingga dapat mengurangi suara nembak dari knalpot.

Selasa, 03 Februari 2009

Sejarah Yamaha Scorpio

Motor Sport 4 tak ini sejatinya diposisikan untuk menggantikan posisi RX King. Layaknya MotoGP,terjadi penggantian jenis mesin,dari 2 tak ke 4 tak. Dimulai sejak tahun 1996. Ingat, waktu itu, Yamaha dan Suzuki kali pertama merilis bebek 4 tak.

Namun ternyata fakta berkehendak lain, RX King masih tetap diproduksi meski populasinya tidak sebanyak dulu hingga kini. Sempat tertunda beberapa kali,diperkirakan karena keraguan pihak YMKI akan produk baru ini.
Soehardjo AR, Manager Service Department menuturkan,”Ini adalah motor sport generasi terbaru bermesin 4 tak, tapi memiliki tarikan spontan khas 2 tak. Juga ramah lingkungan”
Sebelum terdapat embel-embel Z,bila diperhatikan tak ada bedanya dengan RX King.Mulai desain lampu depan,lampu sein depan, speedometer,hingga tangki. Postur sedikit lebih besar dan jangkung didukung suspensi monocross. Lampu belakang memakai varian bebek YMKI kala itu, Yamaha F1ZR / Vega. Common part untuk menekan biaya produksi dijalankan.Produk yang memiliki basis mesin seperti Yamaha Serrow ini memang memiliki akselerasi lebih baik dibandingkan produk competitor yang berkapasitas mesin kurang lebih sama, Honda Tiger dan Suzuki Thunder. Mudah diajak wheelie.
Sayang, bagus di awalnya namun perkembangannya terlalu lamban. Akhirnya produk ini berevolusi dengan imbuhan huruf Z. Apa saja perubahannya?
Yang paling menonjol adalah peralihan lampu model kotak beralih ke tipe bulat memperkuat kesan kokoh. Desain tangki yang semula mengacu King yang cenderung kaku sekarang beralih mengikuti desain pesaing yang mengakomodir nyaman dijepit paha. Sayangnya, tutup tangki yang semula tampil sporty berganti seperti motor sport yang beredar di Indonesia,klasik. Sedangkan di bagian buritan, lampu belakang yang letak seinnya menjadi satu dengan lampu rem kini terpisah. Namun jangan salah, lampu re mini tetap mengacu pada desain sebelumnya. So..penggantian dengan lampu belakang ala F1ZR / Vega bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Perubahan ini memang sedikit mengatrol angka penjualan namun tidak signifikan. Selain striping perubahan pada segi velg yang semula velg jari-jari menjadi velg palang hitam. Meskipun demikian, dari sisi pengereman buritan masih mengandalkan rem teromol. Bagi para bikers,dinilai YMKI terlalu pelit untuk memberikan rem belakang jenis disc hidrolik.

SOLUSI SHOCK SCORPIO Z YANG AMBLAS DAN BUNYI

Saya Scorpio Z rider sejak Juli 2005, secara keseluruhan motor ini tidak ada masalah hanya yang saya rasakan adalah monocross nya amblas, solusi yang saya dapatkan adalah dengan mengganti arm relay dan connecting rod yang variasi akan tetapi kondisi motor jadi lebih tinggi bila masih menggunakan ban dan velg ring 18, untuk itu akhirnya saya putuskan menggantinya dengan ring 17. Pada awalnya shock masih terasa keras (karena masih menggunakan arm relay Versi 3 buatan anak milys) akan tetapi kemudian saya mencoba dengan membeli arm relay (model lain) di bengkel variasi dan akhirnya yang saya rasakan motor jadi lebih empuk dan tidak terlalu amblas.

Bagaimana dengan shocknya yang suka bunyi seperti suara tikus? permasalahannya hanya ada kotoran antara arm relay dan connecting rod tersebut, kita hanya tinggal membersihkannya dan menambahkan gemuk saja. Perawatan yang harus dilakukan, adalah apabila di musim penghujan paling telat 3 hari sekali dan apabila dimusim kemarau bisa dilakukan 2 - 3 minggu sekali.

Mungkin ada beberapa rekan2 yang bingung harus memilih yang mana antara Scorpio Z atau competitor yang lainnya, menurut saya pilih lah scorpio Z karena dia mempunyai beberapa kelebihan dari yang lain walaupun motor ini cukup boros BBM akan tetapi juga diimbangi dengan
akselerasi dan kecepatan yang mumpuni, seperti masalah di atas itu adalah salah satu kelemahan akan tetapi masih bisa diatasi.

Dari permasalahan di atas mungkin saya bisa memberikan masukan buat pabrikan Yamaha juga agar masalah ini bisa lebih diperhatikan, karena terus terang saya sangat berharap Yamaha bisa lebih maju baik dalam hal teknologi dan pelayanan kepada konsumen. Yaitu untuk masalah monocross, apakah tidak bisa lebih dipikirkan bagaimana agar caranya agar shock tidak amblas bila masih menggunakan ? atau menurut saya lebih baik tidak usah menggunakan monocross atau connecting melainkan langsung terhubung ke swing arm, karena menurut saya lebih hemat karena tidak memerlukan perawatan khusus.

Demikian masukan dari saya semoga bermanfaat.

Cutezzy Scoopie